Cerita

Jamu: Pengobatan Herbal "Dibuat dengan Bangga di Indonesia"

Apakah Jamu itu dan Bagaimana Kaitannya dengan Kebun Obat?

Jamu adalah minuman herbal tradisional Indonesia yang memiliki ciri kesehatan, obat atau kebugaran dan resepnya diturunkan dari generasi ke generasi. Ini adalah salah satu obat alternatif paling terkemuka di Indonesia. Ini berasal sekitar 1.300 tahun yang lalu di Kerajaan Mataram di Jawa Tengah, dan sangat dipengaruhi oleh Ayurveda, suatu sistem pengobatan tradisional Hindu. Sampai saat ini, kebanyakan minuman jamu tradisional dibuat dengan teknik tradisional dengan cara ditumbuk dan ditusuk dengan alu. Bahan jamu umumnya adalah akar-akaran dan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, atau asam yang mudah ditemukan di kebun jamu keluarga. Fakta menarik tentangnya, sebagai resep rumah tangga tradisional, banyak yang telah diadaptasi selama bertahun-tahun, untuk memasukkan rasa tertentu atau properti tertentu.

 

 

Apakah masyarakat lokal mengkonsumsi Jamu?

Iya. Pada umumnya masyarakat mengkonsumsi jamu untuk tetap sehat dan juga untuk mengobati penyakit tertentu. Dengan praktik berabad-abad, jamu jenis tertentu dapat dibuat untuk tujuan tertentu, mulai dari masalah kesehatan seperti flu biasa atau penyakit serius seperti diabetes dan kolesterol. Mereka terutama dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan dan karena sifat anti-oksidennya.

 

Apa yang Anda suka, apakah Anda sering minum?

Ya, kami menyukainya karena itu wajar! Kami meminumnya setiap hari, terutama sekarang dengan pandemi Covid.

Sebelum mengikuti inisiatif Socfindo Conservation, kami sudah mengadakan workshop tentang hidup dan makan sehat, namun dengan mengikuti project ini kami belajar lebih banyak tentang bahan-bahan alami dan resep dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi setiap hari.

Kami selalu membagikan resep yang kami ketahui dan juga sering digunakan dengan teman atau siapa saja yang ingin sembuh dari penyakit.