Cerita

Kembali ke akar

Bagaimana komunitas lokal terlibat dalam inisiatif ini?

Saat mencari tanaman, biasanya kami dibantu oleh perwakilan masyarakat sekitar yang mengetahui tentang tanaman obat yang ada di daerahnya. Oleh karena itu, tidak jarang pula masyarakat setempat berbagi pengetahuan tentang penggunaan dan pengobatan tradisional tanaman ini. Selain itu, masyarakat lokal biasanya sangat ingin menunjukkan kepada kami proyek serta tanaman mereka, yang banyak di antaranya tidak kami sadari.

Sebagai contoh, saat menjelajahi Kabupaten Karo, kami menemukan komunitas yang menggunakan pupuk organik berbahan eko-enzim melalui proses daur ulang sisa sampah organik. Setelah pertemuan ini, kelompok kami sangat antusias dengan konsep ini sehingga Socfindo Conservation kemudian mengadakan lokakarya pelatihan pada tanggal 10 September dengan melibatkan desa-desa tetangga sebagai peserta.

 

 

Apakah Anda menemukan tempat baru, apakah Anda bertemu orang baru?

Ya, dengan berkeliling wilayah kami mencari tanaman obat, kami mengunjungi banyak tempat baru dan menyadari betapa beragamnya lanskap hutan dan sungai kami. Bertemu orang-orang baru yang senang berbagi pengetahuan tradisional juga menjadi sorotan.

 

Apa yang paling Anda nikmati selama karyawisata?

Pengalaman mencari tumbuhan obat di desa, diajak ke pekarangan dan kebun masyarakat serta menemukan lingkungan alam Sumatera sungguh luar biasa.

 

 

Bisakah Anda ceritakan lebih banyak tentang lokakarya yang Anda sebutkan?

Pada tanggal 10 September, PT Socfin Indonesia menyelenggarakan lokakarya tentang bagaimana mempersiapkan eko-enzim, bekerja sama dengan yayasan "Yayasan Budaya Hijau Indonesia".

Di bawah ini, Anda dapat mempelajari cara menyiapkan produk luar biasa ini!

 

Cara membuat eco Enzyme:

Eco Enzyme (sebenarnya bukan enzim tetapi istilah sehari-hari) sebenarnya adalah cuka atau asam asetat yang berasal dari fermentasi sisa buah dan sayuran mentah, gula merah, dan air. Cuka dengan sifat asamnya dapat digunakan sebagai pembersih tidak beracun. Enzim memiliki bau cuka yang kuat, tetapi baunya bervariasi dan baunya sangat harum tergantung pada limbah buah yang masuk ke dalam fermentasi.

Enzim-sampah [pembersihan] dapat digunakan untuk mengepel lantai, mencuci wastafel dan toilet, karena dapat menghilangkan kotoran dan minyak dengan sangat baik.

Menurut "Yayasan Budaya Hijau Indonesia", berikut cara membuat enzim sampah:

 

Persediaan yang dibutuhkan

 

Metode

Dalam wadah plastik kedap udara, ukur dan tambahkan 1 bagian molase + 3 bagian sayuran / kulit buah + 10 bagian air.

Contoh berat: Berat 100g molase atau gula merah + 300g sayuran / kulit buah + 1000g air. Gunakan kelipatannya, pertahankan rasio yang sama.

Kocok campuran tersebut dengan baik, dan kencangkan tutupnya dengan kencang. Seluruh proses membutuhkan waktu kurang dari 5 menit untuk membuat setelah Anda siap dengan bahan dan wadah, dan fermentasi memakan waktu minimal 3 bulan, jadi yang terbaik adalah mengatur pembuatan enzim secara bertahap dengan label pada wadah yang menunjukkan tanggal pembuatannya. Ini akan memastikan pasokan reguler di kemudian hari.

Harap diperhatikan: Anda harus menjaga wadah kedap udara. Namun, sepuluh hari pertama, tutupnya tidak perlu rapat. Setelah sepuluh hari pertama, Anda harus membuka tutupnya seminggu sekali atau setiap beberapa hari untuk mengeluarkan gas, jika tidak, gas dapat menumpuk dan meledak di dalam wadah.

Setelah 3 bulan, Anda dapat menyaring residu untuk mendapatkan cairan bening berwarna coklat tua yang memiliki bau asam segar seperti cuka.