Cerita

Ketika sains dapat berkontribusi pada konservasi

Kebun obat terletak dekat dengan SSPL, Pusat Penelitian Socfindo, ceritakan lebih banyak tentangnya.

SSPL merupakan unit usaha PT Socfin Indonesia yang memproduksi benih kelapa sawit unggul untuk perkebunan sendiri maupun untuk dijual ke perusahaan perkebunan kelapa sawit dalam dan luar negeri. Kegiatan pemilihan dan produksi benih didukung oleh tim peneliti dan laboratorium yang lengkap, seperti laboratorium Patologi, kultur jaringan, DNA dan analitik.

Dalam proyek Socfindo Conservation kami bekerja sama dengan lembaga pendidikan yang memiliki kapasitas keilmuan tentang tumbuhan yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB). Proyek ini tidak hanya tentang mengumpulkan dan memperbanyak tanaman, tetapi juga memberikan informasi ilmiah tentang tanaman yang dikumpulkan, cara memperbanyak dan membudidayakannya, kandungan (senyawa) tanaman yang memiliki khasiat obat, cara menggunakannya secara medis dan ilmiah, dan status kelangkaan tanaman. Informasi tentang tanaman ini akan dikumpulkan dalam sebuah buku dan database online untuk tersedia sebagai sumber publik, baik dalam Bahasa Indonesia dan Inggris - [Klik di sini]

 

 

Bagaimana SSPL dapat berkontribusi untuk proyek ini di masa depan?

Teknik dan pengetahuan ilmiah dapat diterapkan di bidang perbanyakan, penyimpanan serta proses identifikasi senyawa tanaman melalui fasilitas laboratorium analitik.