Cerita

Suatu kegiatan bersama

Ceritakan tentang Socfindo Conservation dan siapa di balik inisiatif ini.

Socfindo Conservation adalah inisiatif keberlanjutan yang didirikan pada 2019 oleh PT Socfin Indonesia. Misinya didasarkan pada tiga pilar: konservasi keanekaragaman hayati dan pengetahuan tradisional, mempromosikan inisiatif pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Proyek pertama Socfindo Conservation bertujuan memberikan dukungan untuk pengaturan taman obat. Ini adalah konsep yang dikenal di Indonesia sebagai TOGA (Tanaman Obat Keluarga- Family Medicinal Garden) dan memainkan peran penting dalam konservasi dan praktik pengobatan herbal. Taman tersebut akan digunakan untuk memfasilitasi penyebaran pengetahuan tanaman dan inisiatif pendidikan. Proyek ini dimulai dengan penandatanganan kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor sebagai salah satu mitra ilmiah kami.

Tim Toga (Tananam Obat Keluarga - Kebun Obat Keluarga) mewakili sepatu bot di lapangan dalam proyek ini. Ini dipimpin oleh perempuan dan merupakan kolaborasi antara karyawan Socfindo dan keluarga mereka, yang terakhir telah berperan tidak hanya dalam merintis ide tetapi juga dalam membangkitkan minat di setiap perkebunan Socfindo.

 

Apakah Anda berhasil mengumpulkan banyak tanaman berbeda?

Sejak proyek ini dimulai tahun lalu, kami anggotanya mulai mengumpulkan tanaman dan informasi tentang penggunaannya. Tanaman obat juga diterima dari instansi lain, seperti pemerintah daerah, pihak swasta atau masyarakat luas yang peduli tanaman obat.Satu tahun dalam pembuatan dan kami telah berhasil mengumpulkan lebih dari 805 spesies tanaman dengan khasiat obat.

 

Berapa banyak tanaman yang ingin Anda jangkau dalam koleksi Anda?

Tujuannya adalah untuk terus mencari lebih banyak tumbuhan dan mencapai target lebih dari 1000 spesies tumbuhan. Penekanannya di masa depan adalah menemukan beberapa spesies langka dan endemik di Sumatera. Beberapa di antaranya mungkin ideal untuk menyebarkan pesan konservasi karena masyarakat lokal akan terhubung dengan mereka dan merasakan kepemilikan.


 

Apa yang Anda sukai tentangnya dan apa yang Anda pelajari melalui pengalaman ini?

Kami menikmati belajar tentang tumbuhan dan khasiat obatnya, terutama fakta tentang banyaknya tumbuhan yang tumbuh di sekitar kita. Kami tidak menyadari bahwa tumbuhan biasa memiliki begitu banyak khasiat obat.

Sejak kami bergabung dengan inisiatif Konservasi Socfindo, kami tidak hanya mengumpulkan tanaman, tetapi juga belajar memperbanyaknya dan mengolah beberapa di antaranya menjadi produk dengan khasiat khusus.

 

Ini saat yang tepat untuk mempelajari tumbuhan obat di tengah pandemi!

Ya memang! Namun taman itu dimulai bahkan sebelum kami tahu tentang Covid-19 dan potensi dampaknya. Kami menyadari bahwa pandemi ini akan menekan tanaman obat liar dan oleh karena itu kami akan melihat kemungkinan memperbanyak beberapa tanaman laris yang ditemukan di sekitar proyek Konservasi Socfindo untuk mengurangi tekanan terhadap lingkungan alam.

 


Beri tahu kami bagaimana proyek ini berkontribusi pada keanekaragaman hayati?

Kami percaya bahwa dengan mempelajari manfaat dan kegunaan tumbuhan di sekitar mereka, orang akan memiliki alasan untuk melindungi dan menghargai konservasi mereka.

Selain itu, kami juga mencoba menerapkan praktik yang lebih hijau di taman Toga kami. Kami sedang dalam proses mempelajari teknik-teknik ini dan menyesuaikannya dengan situasi lokal kami. Sejauh ini, kami telah membuat kemajuan dalam tiga teknik organik berbeda yang akan meningkatkan kesuburan taman dan kredensial organik: kami memproduksi kompos kami sendiri, menggunakan eko-enzim kami sendiri, serta menggunakan pestisida organik batch pertama kami.