Cerita

Pelatihan bagi desa-desa Tapanuli Selatan oleh Socfindo Conservation

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan memiliki program tentang ketahanan pangan keluarga. Dalam kesempatan ini, Tapanuli Selatan telah bekerja sama dengan Socfindo Conservation untuk melakukan pelatihan bagi desa-desa yang ada di Tapanuli Selatan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan skill dalam bidang tanaman obat.

Pelatihan ini dilakukan untuk 211 desa yang ada di Tapanuli Selatan dimana setiap desa mengirimkan 2 orang perwakilan untuk tiap-tiap desa. Pelatihan dibagi menjadi dalam 5 angkatan. Setiap angkatan akan mengikuti pelatihan selama 3 hari. Dalam pelatihan ini, peserta dibekali dengan booklet workshop agar memudahkan peserta dalam memahami teori dan praktik lapangan.

Booklet ini berisi 9 modul pelatihan yang terdiri Modul 1: Analisa Lahan, Modul 2: Elemen dan Gaya Taman, Modul 3: Pengenalan Tanaman, Modul 4: Mendesain dan Menggambar, Modul 5: Persiapan Area, Modul 6: Teknik Menyemai dan Menanam, Modul 7: Pemeliharaan dan Pengelolaan Taman, Modul 8 : Persiapan Jamu dan Modul 9 : Pembuatan Eco-Enzyme.

Kegiatan pelatihan untuk 5 angkatan telah selesai dilakukan. Secara umum mereka sangat senang mengikuti pelatihan ini. Pelatihan ini dapat menambah pengetahuan dan skill mereka. Mereka tidak sabar untuk segera menerapkannya di rumah dan di desa mereka masing-masing Harapannya semoga bisa menjadi pemasukan bagi keluarga dan desa di Tapanuli Selatan.

“Kami, ibu-ibu PKK dari Tapanuli Selatan, ingin melanjutkan ilmu yang telah diberikan oleh Ibu-Ibu dari Socfindo.”
Susi Sinaga – Desa Aek Kuncim

“Pada kesempatan ini kita bisa lebih menghargai alam.”
Rettama – Desa Tanjung Medan

“Saya berharap ini bisa saya terapkan kepada masyarakat saya, atau setidaknya kepada diri saya sendiri dan kepada keluarga saya."
Sarifah Nur Lubis – Desa Sigumuru